Thursday, May 12, 2016

simulasi akreditasi smk bhakti kencana jatiwangi

 


Seiring dengan perkembangan zaman maka dunia pendidikan pun terus-menerus membuat perubahan dan perbaikan, baik dalam tingkat kuantitas maupun kuaitas serta baik dalam tingkat mutu dan profit. 
Dan seiring dengan tuntutan UU Pendidikan dan persaingan secara internasional, maka perlu untuk diadakan monitoring terhadap satuan-satuan pendidikan tentang sejauh mana satuan pendidikan tersebut layak secara kualitas maupun kuantitas.
Maka untuk menanggapi perihal tersebut diadakanlah yang namanya Akreditasi Sekolah dimana angka akreditasi sekolah tersebut menandakan seberapa jauh atau seberapa tinggi tingkat mutu dan kualitas sekolah atau satuan pendidikan tesebut.

Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja satuan dan/atau program pendidikan, yang dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas publik. Di dalam proses akreditasi, sebuah sekolah/madrasah dievaluasi dalam kaitannya dengan arah dan tujuannya, serta didasarkan kepada keseluruhan kondisi sekolah/madrasah sebagai sebuah institusi belajar.  

 Tujuan Akreditasi Sekolah  ialah agar penyelenggaraan pendidikan pada semua lingkup mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Pemerintah melakukan akreditasi pada setiap jenjang dan satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan.
Dengan ini maka SMK Kesehatan Bhakti Kencana Jatiwangi mengadakan simulasi akreditasi sekolah dengan mengedepankan 8 standar Sekolah.
Dalam Akreditasi Sekolah, ada 8 (delapan) standar yang akan dinilai oleh para penilik, yaitu:
 1.Standar Isi
 2.Standar Proses
 3.Standar Kompetensi Kelulusan
 4.Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
 5.Standar Sarana dan Prasarana
 6.Standar Pengelolaan
 7.Standar Pembiayaan
 8.Standar Penilaian


Semoga dalam penilaian Akreditasi Sekolah kita dapat nilai A+ dengan modal itu selanjutnya SMK Kesehatan Bhakti Kencana Jatiwangi mengikuti sekolah yang berstandar atau bersertifikat ISO 9001.
ISO 9001 merupakan standar internasional tentang sistem manajemen mutu,telah terbukti sebagai sebuah sistem yang secara efektif dan efisien dapatmenjaga dan meningkatkan mutu sebuah organisasi (perusahaan, instansi,sekolah, dan lain-lain). Ada banyak manfaat, kontribusi, dan keuntungan bagi sekolah atau lembaga pendidikan lainnya yang akan di peroleh bila menerapkan ISO 9001 ini.

No comments:

Post a Comment